Senang Bertemu dengan Anda

TERIMA KASIH BUAT PARA PENGUNJUNG!, SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANDA,! MOHON KETIK SARAN,KOMENTAR DAN PERTANYAANYA DIBAWAH. UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI Link Pemerintah Sumatera Selatan

HOMESICK

Apakah Sebenarnya Homesick itu ?


Akibat Homesick
Homesick adalah perasaan yang biasa hinggap pada orang yang bepergian jauh dan dalam jangka waktu yang panjang. Gelaja homesick ini sering kali membuat seseorang memiliki perasaan sangat rindu akan orang-orang di kampung halamannya serta rutinitas biasanya. Bahkan kasus ini bisa memicu pada depresi yang teramat sangat.

Biasanya seseorang merasakan penyakit homesick ini karena merasa kehilangan orang-orang terdekatnya, keluarga, teman, pacar. Selain itu lingkungan baru yang berbeda dengan aktivitas yang berbeda pula membuat seseorang merasa asing di lingkungan tersebut. Kebiasaan lama yang kemudian berubah atau hilang di tempat baru juga bisa membuat orang merasa homesick.

Homesick membuat seseorang jadi lebih sensitif
Perasaan homesick ini akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan melankolis. Ia cenderung mendramatisir perasaan sedih yang dialaminya. Ia akan mudah merasa terisolasi, sedih, dan kosong. Selain berpengaruh pada kondisi mental kejiwaan seseorang, homesick juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Seseorang yang dilanda homesick biasanya akan mudah kehilangan nafsu makan hingga menyebabkan berat badannya berkurang, selalu merasa pusing, hingga sakit perut tiba-tiba.

Homesick biasa terjadi pada mahasiswa daerah yang terpaksa merantau jauh dari rumah selama berbulan-bulan untuk menimba ilmu. Penyakit ini juga bisa terjadi pada seorang mahasiswa tingkat awal yang baru saja meninggalkan bangku SMA. Perbedaan kebiasaan membuatnya ingin mengulang kembali masa-masa sekolah dulu yang jauh berbeda dengan dunia kampus. Atau bahkan homesick juga terjadi pada seseorang yang berpergian jauh meski hanya dalam waktu beberapa hari.  

Perasaan seperti ini bisa bertahan dalam jangka waktu beberapa hari hingga berminggu-minggu. Semuanya itu tergantung dari kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Memang bagi beberapa orang, homesick justru bisa menyebabkan depresi. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus mengawasi perasaanmu dan mencari bantuan jika kamu sudah merasa terlalu berlebihan.


Cara mengatasi Homesick
1. Eksplor tempat baru
Ekplorasi
Belilah peta atau petunjuk jalan. Carilah tempat-tempat menarik seperti situs kebudayaan, tempat nongkrong, komunitas, museum, pameran seni, tempat makan, hingga even st-eventeru yang biasa diadakan di kota tempatmu tinggal yang baru ini. Eksplorlah bersama teman-teman disana. Jangan biarkan dirimu berdiam diri sendiri di rumah sambil terus bersedih hati. Lakukan hal yang menyenangkan sekaligus menantang.  Aktifkan dirimmu. Semakin kamu mengenal kota barumu itu, semakin kamu akan merasa disanalah rumahmu yang baru. Dan semakin cepat kamu menyatu dengan tempat barumu, maka akan semakin cepat perasaan homesick hilang.

2. Berpartisipasi aktiflah di dalam lingkungan
Perbanyak kenalan di kota barumu. Dengan semakin banyaknya jaringan yang kau punya, maka akan semakin banyak dukungan yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, cobalah bergabung pada acara-acara yang dilaksnakan di kotamu entah itu di dalam karang taruna ataupun bergabung pada komunitas-komunitas yang ada. Jangan batasi dirimu untuk mengikuti satu kegiatan saja. Cobalah setiap kegiatan yang kamu suka. Dengan begini, kamu akan memiliki kesibukan lain yang mmpu meningkatkan kemampuan, semangat, dan pengetahuanmu yang bisa membuang perasaan homesick jauh-jauh.

3. Lakukan kegiatan outdoor yang menyenangkan
Kegiatan Outdoor
Berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan menari adalah alternatif kegiatan outdoor lain yang bisa kamu lakukan. Selain akan memperkuat hubunganmu dengan anggota yang lain,
melakukan kegiatan outdoor ini juga akan meningkatkan moodmu menjadi lebih riang. Ingatlah untuk selalu aktif dan melakukan kegiatan outdoor sebanyak mungkin!



4. Tetap jaga hubungan dengan keluarga dan teman terdekat
Jangan berusaha untuk menghilangkan perasaan homesick. Justru rasa homesick ini akan tetap menjaga komunikasi dan hubunganmu dengan kerabat dan terman terdahulu yang berada jauh darimu.


Cobalah untuk mempertahankan hubungan yang pernah terjalin dahulu, atau berbagilah cerita tentang kehidupan barumu. Komunikasi yang konsisten dengan keluarga dan teman sekampus maupun teman di kampung halaman akan membuatmu selalu merasa disayangi dan akan tetap merasa seimbang.


 Jaga keceriaan kepada semua teman -teman (Sohib/Soulmate),
  Pertahankan keadaan saat situasi apapun agar tetap berkumpul.
Baik dalam keadaan susah maupun senang.


Go anywhere, somewhere, let go to smile !!!
(*_^) (*_~) h@@h@@h@@....
Melangkahlah untuk kedepan
Mr Ghttp://picasaweb.google.com/lh/photo/IINBRalKvY-FyjuQpTI53KGqame9Jbxaq_94HvRmfgc?feat=directlink&C

5. Lakukan kunjungan
Yang namanya melakukan hubungan jarak jauh, justru juga harus tetap melakukan tatap muka. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk melakukan kunjungan ke kampung halamanmu setiap ada waktu luang. Melakukan kunjungan rutin mungkin akan sangat mampu menghilangkan perasaan homesick dan bahkan bisa membuatmu merasa betapa hebatnya kehidupan barumu yang sekarang.
Tapi jangan terlalu bergantung pada kehidupan di lingkungan lamamu. Hal ini justru akan membuatmu sulit bisa beradaptasi dengan kehidupan barumu.
Misalnya : Bisa juga Anda mengunjungi Sapi(hewan peliharaan) Anda dikandang (tempat sarang sapi). He..he..hee... pasti Anda tertawa melihat sapi !




sumber photo www.jogjavet.wordpress.com

Sumber Lain
http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/tips/26098-cara-mengatasi-homesick.html

3 komentar:

  1. Waah artikelnya bagus... lucu ada sapinya ?

    BalasHapus
  2. It's not true, but its the real..#homeSick

    BalasHapus
  3. Halo selamat siang, kita mau menawarkan jasa arsitek freelance (desain rumah tinggal, renovasi rumah tinggal, desain interior, gambar IMB) dengan harga PROMOSI, untuk pendaftaran dan pembayaran dari tgl.24 Oktober s/d 24 November 2015.
    Kunjungi web kami di : www.tigars-desain-rumah.blogspot.com
    Thanx for trust ^ ^

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda dengan mengklik link pada judul atau klik (Add Your Comments)

Popular Posts

Artikel Baru